Lawan Rintangan Dan Mulai Percepat Inovasi Bisnis Di Masa Pandemi

  • August 28, 2020

“Kita semua tentu sepakat bahwa ada potensi yang muncul di tengah pandemi Covid-19. Ditengah perlambatan ekonomi, ekonomi digital terus meningkat dan diproyeksikan tetap akan terus tumbuh,” imbuhnya. Caranya Anda bisa membuat website yang sudah dioptimasi menggunakan internet hosting terbaik di Indonesia sehingga website bisnis tidak mudah down serta bisa lebih mudah menempati posisi pertama. Untuk para pebisnis properti misalnya, website bisa menjadi jembatan untuk menggantikan pamflet, brosur, atau slebaran fisik yang tidak bisa didistribusikan akibat pandemi. Kendati demikian, sayangnya beberapa perusahaan kerap kali tidak menyadari hal ini sampai bisnis mereka akhirnya benar-benar tumbang karena produk/jasa mereka tidak lagi dibutuhkan. Mau tidak mau perusahaan dituntut agar lebih kreatif serta peka terhadap lingkungan sebagai bentuk adaptasi atas perubahan. Inovasi model bisnis memang bukan sebuah hal baru, tapi tidak semua bisnis bisa menerima perubahan ini untuk bertahan.

Coba cari cara dengan mengganti posisi pelayan menjadi kurir pengantar makanan. Yuk bergabung dengan Bisnismuda.id untuk sharing dan belajar investasi, pengelolaan keuangan, dan wirausaha. Anda dapat mengandalkan makanan yang sudah dibekukan untuk inventory di rumah, sehingga memasak pun lebih praktis. Tidak perlu lagi bingung menu makan setiap hari karena frozen meals Kong4D ini cukup dipanaskan atau digoreng lalu bisa dijadikan lauk. Oleh karena itu, kebersihan pun jadi hal yang penting saat ini termasuk di dalam rumah. Inilah kesempatan bagi pemilik resort untuk memberikan layanan kebersihan sekelas resort di tiap rumah.

Pemberi Pinjaman yang belum memiliki pengetahuan dan pengalaman pinjam meminjam disarankan untuk tidak menggunakan layanan ini. Indonesia yang hingga saat ini masih berusaha bangkit dari keterpurukan serangan wabah covid19, selain kesehatan sektor yang tak kalah penting untuk segera bangkit adalah perekonomian. Setelah melewati masa itu, dirinya sendiri akhirnya memutuskan untuk kembali buka dengan posisi sendiri sudah ada relaksasi dari pemerintah. Hanya saja memang itu semua tidak membuat pelanggan serta pemasukan yang sebelumnya didapat kembali. Dirinya sendiri harus merasakan buka selama 1 bulan itu yang datang pernah tidak ada atau hanya 1 saja yang datang untuk minum.

Saat ini, Sutarmin intens memproduksi cetakan atau mold produk untuk sendok, tempat sambal, gagang alat pel, lemari plastik dan berbagai produk lainnya. Ia berharap ke depan bisnisnya tidak hanya menghasilkan produk mildew saja. Tetapi juga menghasilkan produk yang siap untuk digunakan oleh finish buyer. Sementara laporan hasil survei Asian Development Bank menyebutkan sekitar 50% UMKM menutup usahanya akibat terdampak pademi Covid-19. Hal inipun dibenarkan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah , Teten Masduki. Pasalnya banyak pelaku UMKM yang mengurangi tenaga kerjanya karena terdampak pandemi.

Dalam pencatatan waktu kerja atau presensi karyawan, misalnya, menggunakan aplikasi mobile untuk memantau kinerja karyawan. Salah satu vertikal bisnis startup yang mungkin bersentuhan langsung dalam menghadapi masa pandemi ini adalah healthtech. Kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan tetap dapat terlayani meski memiliki keterbatasan interaksi secara langsung melalui platform layanan kesehatan digital. Co Founder & Director Alodokter, Suci Arumsari, mengatakan bahwa kebutuhan akan informasi tentang kesehatan mengalami peningkatan.

Inovasi cara bisnis saat pandemi

Upayakan untuk selalu memberi tahu kepada konsumen terkait bonus atau penawaran promosi. Seperti contohnya, layanan pesan antar makanan masih diragukan karena dianggap kurang higienis. Dalam hal ini, pelaku usaha yang bergerak dibidang sama harus memberikan layanan tambahan, seperti keamanan agar tidak terpapar virus corona selama di perjalanan.

Upaya lain yaitu mengikuti tawaran pemerintah untuk menjadikan lodge sebagai fasilitas akomodasi bagi pasien orang tanpa gejala . “Jadi banyak strategi yang kami inovasikan untuk mendapatkan demand dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” sambungnya. Misalnya, karena kini ada wabah corona, saya ikut jual masker kain tapi bukan untuk cari untung. Saya bikin masker kain karena jengkel lihat orang-orang jual masker mahal banget. Tentang penjahit yang berkurang order jahitan dan menawarkan membuat masker. Kami jual murah dan keuntungannya kami belikan sembako untuk donasi.

Selama masa pandemi, banyak orang bekerja dari rumah dan melakukan aktivitas yang sama secara rutin setiap hari. Oleh sebab itu untuk menjaga animo konsumen pada restoran Anda, penting untuk membuat iklan yang cerdas dan cantic melalui media sosial. Anda juga bisa memanfaatkan fasilitas promosi yang disediakan tiap platform untuk mendorong iklan dan pemasaran Anda. Lalu, bagaimana jika konsumen mengalami penurunan minat beli dalam beberapa waktu yang cukup lama? Apabila hal ini terjadi, otomatis berdampak pada pendapatan dan siklus penjualan.

Misalnya, kalau kamu memiliki hobi di bidang olahraga, kamu bisa memulai bisnis penjualan alat olahraga ataupun kursus olahraga online. Apabila sebelumnya kamu sudah memiliki pengalaman dalam berbisnis, sekarang saatnya untuk keluar dari zona nyaman dan mencoba inovasi baru. Agar bisnismu bisa sukses, kamu harus bisa beradaptasi dengan situasi saat ini dan meningkatkan kualitas produk lewat sarana digital. Setidaknya, 2,7 juta UMKM Indonesia merambah layanan digital selama 14 Mei hingga 15 Oktober. Apalagi di tengah masa pandemi, ketika sebagian besar orang beraktivitas di rumah, dan tentu makanan ringan selalu menjadi pelengkap setiap kegiatan. Hal ini bisa Anda manfaatkan untuk memulai bisnis memproduksi makanan ringan.

Selama masa pandemi ini, orang-orang tidak bisa bebas makan di restoran favorit. Nah, kamu bisa memanfaatkan momen ini untuk berbisnis sewa alat panggang barbeque di rumah. Dengan mengedepankan kebersihan, ide bisnis di tahun 2020 ini berpotensi sukses.

Gulami

E-mail : admin@bf2brasil.com